Engineering



MESIN TEMPEL UNTUK SPEAD BOAT.

MESIN TEMPEL DUA LANGKAH VERSUS EMPAT LANGKAH

D
ari penjualan keseluruhan mesin tempel hampir 70 s/d 80 persen adalah mesin empat langkah atau empat tak. Apakah dengan begitu mesin dua langkah berada di posisi nomor dua? Bagaimana menurut anda?. Selama bertahun-tahun lamanya mesin dua langkah menyandang reputasi yang buruk sebagai mesin yang boros bahan bakar, mengeluarkan gas asap buang yang kotor yang dapat mecemari udara. Sekarang semua itu telah berubah, kebanyakan mesin dua langkah konvensional telah tidak digunakan lagi diganti dengan mesin dua langkah direct-injected dan mesin dua langkah dengan fuel-injected. Mesin baru ini telah sukses dalam menghemat bahan bakar dan bisa menggerakkan boat anda menjadi lebih cepat.

Cara kerja mesin dua langkah dengan injeksi langsung atau direct-injection (DI) sangat sederhana, jalur Intake dan Exhaust terbuka dan menutup oleh serempetan piston yang bergerak naik dan turun di dalam cylinder bore. Tidak seperti mesin dua langkah konvensional, bahan bakar yang disemprotkan kedalam ruang bakar sangatlah presisi sehingga tidak ada istilah bahan bakar yang tidak habis terbakar apalagi sampai menetes keluar kepipa gas buang. Pada mesin DI (Direct Injection) ini tidak memakai filter oli dan bak oli (Crankcase oil) atau ada juga yang menyebutnya Karter oli. Dengan pengukuran yang sangat tepat uap oli pelumas yang disemburkan masuk kedalam ruang bakar secara langsung akan melumasi ring maupun bearing dan akan tetap exist sepanjang gas buang. Tak pelak hal ini memerlukan tempat penyimpanan oli tambahan untuk melapisi bahan bakar pada setiap pengisiannya. Perbandingan oli yang terbakar di dalam ruang bakar sangat kecil sehingga ini bisa meminimalkan efek pencemaran udara yang dihasilkan oleh gas buang. Tidak bisa disangkal memang, oli merupakan pemborosan pada mesin ini.

Masing-masing merek mempunyai metode injeksi tersendiri, namun apa yang mereka bagikan secara bersamaan adalah metode injeksi betekanan tinggi untuk memecah bahan bakar  menjadi ukuran micron. Pembakarannya begitu bersih sehingga semua bahan bakar yang disemburkan kedalam ruang bakar akan terbakar habis, dengan kata lain tidak akan ada bahan bakar yang terbuang percuma. Dengan demikian pemakaian bahan bakarpun menjadi lebih evisien, jarak tempuh untuk tiap liter bahan bakar menjadi lebih jauh dan satu hal yang tidak kalah penting adalah sistim ini secara drastis bisa menekan emisi gas buang.

Kebanyakan mesin tempel empat langkah bersistem Fuel injected (FI), sebagai tandingan dari mesin bersistem Direct injection (DI). Beberapa jenis mesin yang bertenaga kecil menggunakan karburator. Bukan sesuatu yang mengejutkan apabila Fuel-injection empat langkah telah di rubah setelah berpengalaman dalam penemuan sistim multiport dalam kendaraan mobil maupun sepedamotor. Dengan satu injector pada satu cylinder yang secara stategis diletakkan didekat katup hisap. Pada mesin empat langkah keseluruhan bagian yang bergerak didalam mesin dilumasi oleh oli pelumas, yang secara berulang-ulang dipompa oleh pompa oli dan mengalirkannya melewati keseluruhan lintasan di dalam mesin itu. Sama seperti pada sepeda motor berkecepatan tinggi, adalah sangat vital untuk mengganti oli dan filter oli sekurangnya setiap 100 jam operasi. Lagipula akan sangat beresiko jika tidak mengganti oli yang sudah kotor, dimana oli pelumas yang kotor dapat merusak poros engkol dan seluruh bagian yang bergerak di dalam mesin tersebut. Dengan kata lain mesin empat langkah sangat sensitive dengan kualitas oli pelumas.

Dalam hal teknik, perbedaan antara Direct-Injection dua langkah dan Fuel-Injection-nya empat langkah yaitu pada putaran rendah direct-injection dua langkah performennya lebih kuat karena mesin ini mengandalkan tenaga disetiap langkahnya, di setiap putaran poros. Sebagai gantinya beberapa pembuat mesin memasukkan gear dengan rasio rendah kedalam gearbox, hal ini dapat melipat gandakan tenaga putaran (torque) untuk mempersempit gap antara mesin dua langkah dengan empat langkah.

Penghematan bahan bakar pada mesin Direct-injected dua langkah jika dibandingkan dengan mesin empat langkah menunjukan perbaikan antara 10 s/d 70 persen, dibandingkan dengan mesin dua langkah beberapa dekade kemarin. Tergantung dengan putaran mesin (rpm) dan beban pada kecepatan layar, telah menunjukkan perbaikan kira-kira 30 persen tiap mil. Semua telah menjadi sama, disisi harga sebuah motor dua langkah dengan Direct Injeksi anda akan mengeluarkan sedikit uang untuk membelinya alias lebih murah dan  akan mendapatkan mesin dengan akselerasi lebih cepat dibandingkan dengan mesin empat langkah. Sama halnya dengan suara, tingkat kebisingan direct- injection motor dua langkah tercatat beberapa decibel lebih halus.

Perbedaan yang paling mencolok diantara kompetisi teknologi ini adalah diukur dengan akselerasi. Dengan tenaga yang sangat besar hingga perbandingan berat, dimana mesin dua langkah lebih ringan, direct-injection dua langkah menjadi yang lebih cepat. Sebagai contoh, untuk beberapa penggunaan seperti boat pelabuhan misalnya, mana yang lebih cepat?. (Sg)